Minggu, 31 Oktober 2010

Tugas Studentsite

Studentsite merupakan sumber informasi bagi seluruh mahasiswa gunadarma baik itu untuk tugas ataupun untuk informasi kegiatan kampus. selain itu juga penilaian tugas mahasiswa terhadap dosen.didalamnya terdapat menu layanan mahasiswa yang dapat dipilih: home, www news, BAAK news, Lecture massages, rangkuman nilai, jadwal kuliah, jadwal ujian, bebas perpustakaan, surat keterangan, info absensi, pendaftaran lomba blog, info seminar, tulisan, tugas, deposit library, warta warga, blog komunitas perbankan, blog komunitas linux, blog komunitas fotografi.
Menjelaskan kelebihan di dalam aplikasi studentsite:
1. Home
menjelaskan berbagai informasi baru baik itu tentang universitas ataupun tentang perkuliahan
2. Rangkuman nilai
Tidak perlu untuk ke kampus melihat berapa nilai yang kita peroleh dalam ujian dengan membuka studentsite kita dapat langsung mengetahui nilai kita, lebih praktis.
3. Info Seminar
Kita dapat melihat aplikasi ini jika ingin melihat seminar
Menjelaskan Kekurangan di dalam aplikasi studentsite:
1. Lecture massages
Fungsinya tugas dari universitas, tetapi terkadang banyak mahasiswa yang tidak tahu dengan tugas ini dikarenakan tidak ada laporan pesan masuk.
2. Info Absensi
Menampilkan kehadiran mahasiswa.
Saya juga kurang begitu paham dengan info absensi yang hanya melihat absensi 2007
3. Tugas UG (Portfolio)
Digunakan untuk menyerahkan tugas kepada dosen.
menurut saya kurang praktis, karena kita harus menggunakan blog dalam mengerjakan tugas tersebut. sedangkan telah ada email yang lebih praktis.

Nama: Rendra Dwi Permana
NPM: 25210734
Kelas : 1EB17

Disain Dan Perilaku Organisasi

Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan. Definisi organisasi mencakup tiga elemen pokok, yaitu:
1) Interaksi manusia
2) Kegiatan mengarah pada tujuan
3) Struktur
Organisasi formal dan informal
Organisasi formal
Organisasi formal merupakan sistem tugas, hubungan wewenang tanggung jawab, dan pertanggung jawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan. Struktur formal dibuat untuk meliputi pekerjaan yang harus dilakukan dan memberi suatu kerangka bagi pelaku pekerjaan. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan struktur organisasi formal adalah:
1) Wewenang
2) Tanggung jawab
3) Pertanggungjawaban
4) Delegasi
5) Koordinasi
Organisasi informal
Organisasi informal adalah suatu jaringan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal. Komunikasi yang terjadi dalam organisasi informal berjalan dengan cepat dari mulut ke mulut. Sistem komunikasi ini disebut sistem tanaman rambat. Dalam kelompok kerja terdapat tiga karyawan, yaitu:
1) Anggota kelompok dalam (linner group)
2) Anggota kelompok pinggir (frige group)
3) Anggota kelompok luar (out group)

Sentralisasi VS Desentralisasi
Organisasi yang Disentralisasi
Organisasi yang disentralisasi merupakan sebuah sistem yang wewenang serta pengendaliannya dipegang di suatu pusat, biasanya eksekutif puncak. Beberapa kebaikan organisasi yang disentralisasi adalah:
1) Pengendalian yang lebih efektif dapat dilakukan
2) Cenderung memperpendek jangka pengambilan keputusan
3) Memungkinkan bagi seluruh unit mengikuti suatu rencana tindakan yang seragam
Keburukannya dapat disebutkan antara lain:
1) Jika perusahaan berkembang dengan pesat, maka beban kerja pada eksekutif puncak menjadi terlalu banyak
2) Organisasi yang disentralisasi hanya member pengalaman sedikit kepada para manajer muda dalam pengambilan keputusan
Organisasi yang Didesentralisir
Manajemen yang disentralisasi merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelegasikan kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang tertinggi. Dalam desentralisir, para manajer jenjang lebih bawah mendapat kesempatan untuk menunjukan kemampuannya.
Struktur Organisasi dan Penyusunannya
Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari tiga elemen kunci setiap organisasi, yaitu:
1) Interaksi kemanusiaan
2) Kegiatan yang terarah tujuan
3) Struktur
Manajemen harus mengkordinir kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi. Sebuah perusahaan yang berupa “ menyediakan barang yang berkualitas baik dengan harga bersaing kepada konsumen”. Tujuan perusahaan bersifat luas dan tidak memberikan ciri kegiatan kerja secara individual.
Bentuk-bentuk Struktur Organisasi
Bagan organisasi atau struktur organisasi yang menjadi dasar dalam organisasi ini adalah pembagian kekuasaan (authority)dan tanggung jawab (respontibility). Bentuk organisasi ini bermacam-macam pada pokoknya ada empat, yaitu:
1. Organisasi garis (line organization)
2. Organisasi garis dan staf (line and staf organization)
3. Organisasi fungsional (fuctional organization)
4. Komite (committee)
5. Organisasi matrik
Organisasi Garis
Bentuk struktur organisasi garis , kekuasaan mengalir secara langsung dari direktur ke kepala bagian dan kemudian terus ke karyawan-karyawan dibawahnya. Masing-masing bagian merupakan unit yang berdiri sendiri, dan kepala bagian menjalankan semua fungsi pengawasan dalam bagiannya.
Kebaikan organisasi garis.
1. Adanya kesatuan dalam pimpinan dan pemerintahan
2. Pimpinan dapat lebih cepat mengambil keputusan
3. Pimpinan dapat lebih cepat dalam memberikan perintah
4. Menghemat biaya
Keburukan organisasi garis
1. Sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
2. Tidak adanya spesialisasi
3. Kurangnya kerjasama diantara masing-masing bagian
Organisasi Garis dan Staf
Kepala bagian pemasaran bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran, termasuk penjualan barang kepada konsumen dan pemakai industri. Untuk melaksanakan tanggung jawabnya, ia dapat mendelegasikan kekuasanan pada manajer penjualan umum (General Sales Manager), terus kebawah sampai pada personalia penjualan. Hubungan antara pimpinan dengan bawahan langsung seperti ini dinamakan hubungan garis
Manajer pengiklanan (Advertising Manager) dan manajer penelitian pasar (Manager of Market Reserch) dapat ikut membantu kegiatan penjualan dengan memberikan berbagai macam saran. Karena hubungan mereka tidak langsung, maka dalam hal ini manajer-manajer tersebut bertindak sebagai staf, dan hubungan yang terjadi adalah hubungan staf.
Kebaikan organisasi garis dan staf
1. Pimpinan lebih leluasa dalam memberikan saran terhadap tugas khusus diluar bagiannya
2. Staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai macam persoalan
3. Staf dapat mendidik para petugas
4. Adanya kesatuan dalm pimpinan
Keburukan organisasi garis dan staf
1. Kadang-kadang staf tidak lagi memberikan saran tetapi perintah
2. Dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf dari pada atasannya
3. Staf dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil
Organiasi fungsional
Dalam organisasi fungsional masing-masing manajer adalah seorang spesialis atau ahli dan masing-masing bawahan/pekerja mempunyai beberapa pimpinan. Manajer memiliki kekuasaan penuh untuk menjalankan fungsi-fungsi yang menjadi tanggung jawabnya. Jadi bentuk ini lebih menekankan pada pembagian fungsi.
Kebaikan fungsi organisasi fungsional
1. Masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya
2. Tugas para manajer menjadi lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi
Keburukan organisasi fungsional
1. Membingungkan para pekerja karena tidak ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah
2. Tidak ada hubungan garis secara langsung dangan atasan
3. Kesulitan-kesulitan yang timbul dapat secara cepat diatasi
4. Kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan antara para manajer
Organisasi komite
Untuk membentuk komite harus memperhatikan syarat-syarat berikut ini:
1. Suasananya santai bersifat informal
2. Semua anggota komite ikut ambil bagian dalam membicarakan tugas-tugasnya
3. Komite mengetahui tentang tugas-tugas yang dibebankan kepadanya
4. Masing-masing anggota komite bersedia mendengarkan pendapat anggota yang lain
5. Keputusan diambil secara konsensus
Kebaikan komite
1. Merupakan sebuah forum untuk saling bertukar pendapat di antara beberapa anggota
2. Keputusan ditentukan bersama-sama
3. Menciptakan kordinasi yang lebih baik
4. Meningkatkan pengawasan karena berhubungan langsung dengan pelaksana
Keburukan komite
1. Kesulitan dalam mempersiapkan pertemuan karena masing-masing anggota sibuk dengan pekerjaannya
2. Keharusan dalam berkompromi
3. Sering menimbulkan kesimpang-siuran dalam organisasi
4. Tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung saran-saran yang diberikan
Organisasi matrik
Organisasi matrik digunakan berdasarkan struktur organisasi garis dan sifat yang sudah ada. Organisasi matrik, juga disebut organisasi manajemen proyek, dapat didefinisikan sebagai organisasi dimana para spesialis dari bagian-bagian yang berbeda disatukan untuk mengerjakan proyek khusus.
Kebaikan organisasi matrik
1. Luwes
2. Memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah utama yang spesifik atau persoalan-persoalan teknis yang unik
3. Memberikan alat inovasi tanpa menggangu struktur organisasi yang ada
Keburakan organisasi matrik
1. Beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisonal.
2. Manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian-bagian yang berbeda
3. Konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan manajer-manajer bagian lain.
Perilaku Pengorganisasian
Para manajer dapat belajar banyak dai ilmu-ilmu perilaku (psikologi, sosiologi, dan antropologi) seperti apa yang memotivasi dan mempengaruhi orang dalam kelompok-kelompok kerja mereka. Prediktor-prediktor penting dalam organisasi kerja meliputi kelompok kerja, motivasi, sikap pekerjaan, dan kepemimpinan.
Kelompok kerja
Dalam organisasi bisnis, kelompok kerja itu merupakan sekumpulan karyawan yang secara bersama-sama mempunyai pekerjaanserupa (umum) dan melihat diri mereka sebagai satu kelompok. Kelompok-kelompok tersebut akan tetap ada pada setiap peristiwa di dalam organisasi karena mereka mengisi kebutuhan bagi para anggotanya. Kebutuhan itu dapat berupa:
1. Kebutuhan berkomunikasi
2. Kebutuhan mempertahankan harga diri dan kepentingan ekonomi
3. Kebutuhan akan keamanan atau perlindungan
Keanggotaan dalam berbagai kelompok akan tergantung terhadap banyak hal, yaitu:
1. Keakraban satu sama lain
2. Kepentingan bersama
3. Pekerjaan serupa
4. Persahabatan
Motivasi
Motivasi merupakan motif intern yang menyebabkan orang berprilaku seperti yang mereka lakukan. Karyawan dapat dimotivasi untuk bergabung kesebuah kelompok kerja jika mereka merasa bahwa kebutuhan pribadinya dapat lebih terpenuhi dengan cara seperti itu.
Jenjang kebutuhan karyawan
Teori motivasi dari Maslow menekankan dua ide dasar yaitu:
1. Orang memiliki banyak kebutuhan, tetapi hanya kebutuhan yang belum terpenuhi saja yang dapat mempengaruhi perilaku manusia.
2. Kebutuhan manusia dikelompokan dalam sebuah hierarki kepentingan.
Pekerjaan dan sikap jabatan
Oleh musselman dan Jackson, kepuasan jabatan dipandang sebagai indikator yang bermanfaat bagi manajemen untuk menentukan apakah terdapat bidang-bidang masalah dalam angkatan kerja organisasi. Kepuasan kerja telah dikaitkan terhadap perputaran dan absentiisme dalam angkatan kerja. Moral merupakan sifat umum dari angkatan kerja dalam sebuah perusahaan terhadap jabatan mereka. Sedangkan kepuasan jabatan merupakan istilah lain yang memberi arti banyak tentang hal yang sama.
Kepemimpinan
Dalam perusahaan, kepemimpinan berkaitan dengan pengarahan kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan. Beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa tidak ada satu cara terbaik untuk memimpin karyawan. Ini bergantung pada pimpinannya, karyawan, dan situasi yang ada. Macam gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam perusahaan dapat membantu menciptakan iklim kerja bagi karyawan.

Jumat, 22 Oktober 2010

MANAJEMEN UMUM

PENGERTIAN MANAJEMEN
Arti dan Fungsi Manajemen
Manajemen mempunyai lima fungsi:
1) Perencanaan
2) Pengorganisasian
3) Pengarahan
4) Pengkoordinasian
5) Pengawasan
Kelima fungsi manajemen ini sangat pentng di dalam menjalankan semua kegiatan. Semua ini dimaksud agar dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan yang telah diteteapkan dapat tercapai. Jadi untuk mencapai tujuan harus ada kegiatan dimana kegiatan yang sama disatukan kedalam wadah.
Jenjang Manajemen
Perusahaan biasanya memiliki 3 jenjang manajemen,ketiga jenjang manajemen tersebut adalah:
1) Manajemen atas
2) Manajemen menengah
3) Manajemen lini pertama (bawah)
4) Karyawan (non manajemen)
LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
Sejarah manajemen berawal dari eropa meskipun secara riil sudah ada sebelumnya di eropa maupun benua-benua lainnya.
Gerakan Manajemen Ilmiah
Pada tahun 1885, Frederick W, Taylor (1841-1945) merupakan salah seorang yang pertama kali mempelajari metode kerja. Sejak pemunculan bukunya tahun 1911, Taylor dikenal sebagai bapak dari gerakan manajemen ilmiah. Buku yang di terbitkannya berjudul The Principles of Scientific Management. Mengemukakan beberapa prinsip, prinsip tersebut adalah:
Prinsip 1: Semua pekerjaan dapat di observasi dan di analisis
Prinsip 2: Orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih
Prinsip 3: Menggaji pemegang jabatan dengan dasar intensif
Prinsip 4: Menempatkan manajer dalam perencanaan, persiapan dan pemeriksa pekerjaan
Penelitan dan buku dari Taylor itu telah membuktikan bahwa manajemen dapat dipelajari secara ilmiah oleh siapapun.
SEKOLAH-SEKOLAH TENTANG PEMIKIRAN MANAJEMEN
Sebagai akibat daei semakin besarnya minat dalam pendidikan manajemen, sejumlah pendekatan teoritis untuk mempelajari manajemen telah bermunculan. Teori-teori pokok berasal dari para manajer dan pengajar yang ingin menentukan lebih banyak tentang apa yang perlu diajarkan kepada calon-calon manajemen. Teori-teori pada pokoknya berasal dari para manajer dan pengajar. Dari beberapa sekolah tentang pemikiran manajer yang muncul :
a) Sekolah Klasik (Classical School)
b) Sekolah Prilaku (Behavioral School)
c) Sekolah Ilmu Manajemen (Management Science School)
d) Analisis Sistem
e) Manajemen Hasil
PERENCANAAN
Perencanaan merupakan fungsi terpenting di antara semua fungsi-fungsi manajemen yang ada. Semua kegiatan yang bersifat manajerial untuk mendukung usaha-usaha pencapain tujuan, fungsi perencanaan harus dilakukan terlebih dahulu dari pada fungsi-fungsi pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan. Adapun sifat-sifat yang lain dari fungsi perencanaan adalah: sumbangan terhadap tujuan serta efesiensi dari rencana itu sendiri.
Bentuk-bentuk Perencanaan
Perencanaan ditetapkan sekarang dan dilaksanakan serta digunakan untuk waktu yang akan datang. Perencanaan memiliki bentuk-bentuk sebagai berikut:
1) Tujuan (Objective)
2) Kebijakan (Policy)
3) Strategi
4) Prosedur
5) Aturan (Rule)
6) Program
Kegunaan Perencanaaner
Kegunaan perencanaan adalah:
a) Mengurangi ketidakpastian serta perubahan pada waktu mendatang
b) Mengarahkan perhatian pada tujuan
c) Memperingan biaya
d) Merupakan sarana untuk mengadakan pengawasan
Langkah-langkah Penyusunan Perencanaan
Langkah-langkah yang harus di ambil untuk menyusun suatu perencanaan adalah:
a) Menetapkan tujuan
b) Menyusun anggapan-anggapan (premising)
c) Menentukan berbagai alternatif tindakan
d) Mengadakan penilaian terhadap alternatif-alternatif tindakan yang sudah dipilih
e) Mengambil keputusan
f) Menyusun rencana pendukung
Perencanaan Merupakan Proses Pendekatan yang Rasional
Perencanaan merupakan suatu proses pendekatan yang rasional untuk waktu yang akan datang. Apabila kita berusaha untuk mempelajari posisi sekarang dengan menggunakan data akuntansi maupun statistik, maka sebagai titik tolaknya kita harus menengok ke belakang.
Jarak Waktu Perencanaan
Menurut jangka waktunya, perencanaan dapat dikelompokan menjadi tiga golongan, yakni:
1) Perencanaan jangka panjang
2) Perencanaan jangka menengah
3) Perencanaan jangka pendek
Faktor-faktor yang Membatasi Perencanaan
Seperti telah dikemukakan di muka bahwa perencanaan mempunyai sifat keutamaan dan bersifat luas, ini berarti perencanaan itu baik. Selain kebaikan-kebaikan, perencanaan juga mempunyai kelemahan-kelemahan. Beberapa faktor yang membatasi perencanaan tersebut adalah:
a) Sulitnya mencari anggapan secara teliti
b) Perubahaan yang sangat cepat
c) Kekakuan internal
d) Kekakuan eksternal
e) Waktu dan Biaya
Faktor biaya juga perlu diperhatikan dalam menyusun suatu perencanaan. Faktor biaya berkaitan dengan waktu. Makin lama waktu yang dibutuhkan, makin besar pula biayanya demikian pula sebaliknya.
Pengambilan Keputusan
1) Syarat pengambilan keputusan
Untuk bertindak ataupun mengambil keputusan secara rasional tersebut membutuhkan beberapa syarat, antara lain:
1) Berusaha untuk mendapat suatu tujuan yang tidak terpenuhi
2) Harus dapat mengetahui dengan jelas tentang tujuan-tujuan yang dapat dicapai
3) Mempunyai kemampuan untuk mengadakan analisis dan penilain berbagai alternatif
4) Bersikap optimis dan mempunyai kemauan yang kuatuntuk memilih alternatif
2) Alat pengambil keputusan
Untuk mengambil keputusan yang rasional perlu digunakan alat-alat seperti:
1) Operation research
2) Teori probabilitas
3) Linier progamming
Ketiga alat tersebut, masih terdapat beberapa teknik yang dipakai untuk memperbaiki kualitas pengambilan keputusan pada keadaan yang sifatnya tidak pasti, tetapi masih berada di dalam batas-batas kewajaran. Alat-alat tersebut adalah:
1) Analisis resiko
2) Pohon keputusan (Decision Tree)
PENGORGANISASIAN
Pengertian
Pengorganisasian merupakan usaha untuk menyusun komponen-komponen pokok sedemikian rupa, sehingga dapat dipakai sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Dalam kegiatan tersebut diharapkan akan tercipta hubungan-hubungan di antara masing-masing komponen. Dengan demikian fungsi pengorganisasian dapat dikatakan sebagai proses menciptakan hubungan antara berbagai fungsi, personalia dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaatserta terarah pada suatu tujuan.
Hubungan-hubungan yang timbul di dalam organisasi dapat berbentuk: hubungan formal dan hubungan informal.
Pola Hubungan antara Komponen Organisasi
Semua tugas-tugas yang dijalankan diorganisasi untuk mencapai tujuan, tujuan tersebut merupakan titik tolak proses pengorganisasian. Jadi, penentuan tugas-tugas yang hendak dijalankan harus berdasarkan pada suatu tujuan. Terdapat pembagian tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakannya.
Jadi, antara hubungan tujuan, fungsi, tanggung jawab dan wewenang serta pertanggung-jawaban mempunyai hubungan yang erat, dan berkaitan satu dengan lainnya.
Rentang Kekuasaan
Keefektifan dan efesiensi seorang pimpinan dalam mengatur bawahan banyak dipengaruhi oleh jumlahan bawahan itu sendiri. Faktor jumlah bawahan belum menjamin keefektifan serta efisiensi yamg dipimpinnya pengaturan dari seorang pemimpin. Untuk itu harus diperhatikan pula faktor lain yang mempunyai hubungan erat. Faktor tersebut adalah frekuensi antara hubungan pimpinan dan bawahan. Banyak sedikitnya hubungan antara pimpinan dengan bawahan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:
1) Latihan dari bawahan
2) Pendelegasian wewenang
3) Perencanaan
4) Teknik komunikasi
Dasar-dasar Penggolongan Bagian Di Dalam Organisasi
Terbatasnya kemampuan seseorang akan membatasi jumlah bawahan atau bagian-bagian yand dipimpinnya. Hal ini berpengaruh pada ruang lingkup organisasi. Namun kesempatan untuk berkembang bagi suatu organisasi tetap ada, yaitu dengan mengadakan pengelompokan kegiatan atau aktivitas serta tenaga kerja dan spesialisasi kegiatan perlu dilakukan. Pengelompokan menjadi bagian-bagian di dalam sebuah organisasi dapat didasarkan pada beberapa faktor berikut:
1) Didasarkan pada suatu angka
2) Didasarkan pada waktu
3) Didasarkan pada fungsi perusahaan
4) Didasarkan pada luas daerah operasi
5) Didasarkan pada jenis barang yang dihasilkan
6) Didasarkan pada jenis langganan
Karakteristik Struktur Organisasi
Bentuk struktur organisasi yang baik harus memiliki dua karakteristik dasar, yaitu:
a) Keseimbangan dalam organisasi
b) Fleksibel
PENGARAHAN
Prinsip-prinsip Pengarahan
Pengarahan merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaga secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan. Adanya beberapa prinsip, yaitu:
1) Prinsip mengarah pada tujuan
2) Prinsip keharmonisan dengan tujuan
3) Prinsip kesatuan komando
Cara-cara Pengarahan
Pada umumnya, pimpinan menginginkan pengarahan kepada bawahan dengan maksud agar mereka bersedia untuk bekerja sebaik mungkin, dab tidak diharapkan menyimpang dari prinsip-prinsip dimuka. Cara-cara pengarahan yang dilakukan:
a) Orientasi
b) Perintah
c) Delegasi wewenang
Komunikasi
Definisi-definisi tentang komunikasi adalah:
1) Adanya hubungan antara orang dengan orang, orang dan lembaga dan sebaliknya
2) Adanya hubungan yang timbul dan dijadikan sebagai penyalur gagasan
3) Dapat menciptakan hubungan yang serasi dan menciptakan saling pengertian
4) Untuk berkomunikasi digunakan kata-kata, surat, kode atau simbol
Dalam komunikasi juga harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1) Komunikasi harus jelas
2) Prinsip integrasi
3) Prinsip penggunaan organisasi informal
Motivasi
Motivasi memiliki dua macam bentuk, yaitu:
1) Motivasi Positif: proses untuk mempengaruhi orang lain dengan cara penambahan tingkat kepuasan tertentu.
2) Motivasi Negatif: proses untuk mempengaruhi orang lain dengan cara menakut-nakuti atau mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu secara terpaksa.
PENGKOORDINASIAN
Kordinasi yang baik dapat dilakukan jika masing-masing individu menyadari dan memahami akan tugas-tugas mereka. Sebenarnya tugas mereka sangat membantu pada usaha-usaha untuk mencapai tujuan organisasi.
Prinsip-prinsip Organisasi
Dalam organisasi terdapat tiga prinsip, yaitu:
1) Prinsip kontak langsung
2) Prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi
3) Hubungan timbal balik di antara faktor-faktor yang ada
Pelaksanaan Fungsi Organisasi
Fungsi organisasi manejer dapat menempuh dua cara, yaitu:
a) Menjamin bahwa kondisi lingkungan dapat membantu untuk memberikan fasilitas bagi terlaksananya koordinasi.
b) memastkan apakah masing-masing individu sudah mengetahui prinsip-prinsip koordinasi.
PENGAWASAN
Pengertian
Pengawasan merupakan fungsi terakhir yang harus dilaksanakan dalam manajemen. Cara yang dilakukan dalam pengawasan membandingkan segala sesuatu yang telah dijalankan dengan standart atau rencananya sert melakukan perbaikan-perbaikan bila terjadi penyimpangan.
Langkah-langkah Pengawasan
Langkah-langkah yang harus dilakukan:
1) menciptakan standart
2) membandingkan kegiatan yang dilaksanakan dengan standart
3) melakukan tindakan koreksi
Syarat-Syarat Pengawasan yang Baik
Untuk menjalankan pengawasan yang baik diperlukan beberapa syarat, yakni:
1) pengawasan harus mendukung sifat dan kebutuhan kegiatan
2) pengawasn harus melaporkan setiap penyimpangan yang terjadi
3) pengawasan harus memiliki pandangan kedepan
4) pengawasan harus obyektif
5) pengawasan harus luwes/fleksibel

Jumat, 15 Oktober 2010

Peran Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

TUGAS MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR


PERAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL




PENYUSUN


NAMA: Rendra Dwi Permana
KELAS: 1 EB 17
NPM: 25210734




UNIVERSITAS GUNADARMA



Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Peran budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

Dateline makalah : 16 Oktober 2010
Tanggal penyerahan atau Upload makalah : 16 Oktober 2010

Pernyataan

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim/pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.


PENYUSUN
NPM NAMA LENGKAP TANDA TANGAN
25210734 Rendra Dwi Permana




PROGRAM SARJANA EKONOMI AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
(vi)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Peran Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional”.
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.






(vii)


DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………vii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………viii
BAB. 1. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang………………………………………………………………………1
2. Tujuan………………………………………………………………………………1
3. Sasaran……………………………………………………………………………..1
BAB. 2.PERMASALAHAN
1.Kekuatan Peranan Budaya Lokal……………………………………………………2
2.Kelemahan Peranan Budaya Lokal…………………………………………………2
3.Kesempatan Peranan Budaya Lokal……………………………………………….3
4.Ancaman Peranan Budaya Lokal…………………………………………………3
BAB.3.PENUTUP
1.Kesimpulan……………………………………………………………………4
2.Rekomendasi………………………………………… ……………………….4
(viii)

1. LATAR BELAKANG
Budaya lokal mempunyai peranan yang penting dalam memperkokoh ketahanan budaya bangsa namun kenyataannya sekarang semua itu hanya sebatas teori saja, di prakteknya sudah jarang terlihat peranan budaya lokal tersebut. Sebagian besar akibat pengaruh dari budaya asing dan arus modernisasi,globalisasi.Dengan demikian ciri, citra , dan karsa budaya indonesia sendiri mulai kehilangan budaya sendiri.Maka dari itu, dalam suatu daerah mempunyai corak yang berbeda-beda.
2. TUJUAN
Tujuan untuk mempelajari budaya daerah yaitu untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang budaya daerah yang dimiliki oleh suatu negara khususnya dinegara Indonesia ini yang dengan budaya daerah , kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan peran budaya daerah yang harus kita rawat dan kita jaga..
Dan adapun tujuan lain dalam memperkokoh suatu ketahanan budaya bangsa Indonesia bagi masyarakat yaitu untuk menambah rasa kecintaan budaya tanah nenek moyang kita terhadap negara Indonesia ini. Agar tercapainya suatu perjuangan kepentingan bangsanya dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika untuk memajukan dan meningkatkan rasa persatuan kesatuan dan Negara Indonesia, sehingga kita sebagai warga negara Indonesia bias lebih peduli dan menjadi lebih bangga apabila semua yang berhubungan dengan dilestarikannya budaya daerah ini bisa terwujud dengan lancar.
3. SASARAN
Dalam pembuatan makalah ini saya mengharapkan agar bangsa kita bisa lebih menyadar bahwa sangat pentingnya menjaga suatu kebudayaan bangsa. Karena suatu kebudayaan itu sangat berperan penting dalam memajukan suatu Negara. Sebagaiman yang kita ketahui seperti yang sekarang ini banyak kebudayaan Indonesia yang di curi oleh Negara lain,untuk itu kita sebagai warga Negara yang baik harus tetap menjaga dan memelihara kebudayaan Indonesia.
BAB II
PERMASALAHAN
Analisis permasalahan peran budaya daerah memperkokoh ketahanan budaya nasional dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
1. Kekuatan (strength)
1. Keanekaragaman budaya lokal yang ada di Indonesia
Tiap daerah memiliki ciri khas budayanya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun adat istiadat yang dianut. Semua itu dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional.

2. Kebudayaan Lokal menjadi sumber ketahanan budaya bangsa
Kesatuan budaya lokal yang dimiliki Indonesia merupakan budaya bangsa yang mewakili identitas negara Indonesia.

3. Kekhasan budaya
Kekhasan budaya merupakan salah satu asset/pendapatan yang cukup besar karena daya tarik keanekaragaman budaya. Ini membuktikan bahwa budaya bangsa memiliki cirri khas yang unik.
4. Kurang optimalnya peran serta Pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah dalam pengelolaan kekayaan budaya Indonesia
2. Kelemahan (weakness)
a) Keyakinan masyarakat Indonesia terutama masyarakat di pedesaan terhadap kebudayaan – kebudayaan kuno (warisan nenek moyang ), seperti : memberikan sesajen kepada tempat-tempat atau benda-benda yang dianggap mempunyai nilai lebih.
b) Keterlibatan aktif dan rasa memiliki yang besar dari masyarakat daerah terhadap budayanya sendiri yang sangat membantu untuk memajukan kebudayaan lokal.
c) Minimnya komunikasi budaya Kurangnya komunikasi tentang kebudayaan menghambat perkembangan budaya kita,kita harus promosikan ke Negara-negara lain bahwa indonesi itu kaya akan akan keaneka ragaman budaya,itu juga menjadi salah satu pendapatan Negara Mungkin itu semua keunikan dari kesenian wayang yang mungkin banyak wisatawan meminati dan merasa tertarik dengan budaya Indonesia tersebut.
d) Kurangnya Pembelajaran Budaya Pembelajaran tentang budaya, harus ditanamkan sejak dini. Namun sekarang ini banyak yang sudah tidak menganggap penting mempelajari budaya lokal. Padahal melalui pembelajaran budaya, kita dapat mengetahui pentingnya budaya lokal dalam membangun budaya bangsa serta bagaiman cara mengadaptasi budaya lokal di tengan perkembangan zaman.
3. Peluang (opportunity)
1) Adanya perkembangan seni dan sastra yang lebih maju.
2) Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan
3) Membuka kerja sama ekonomi dan investasi yang mempercepat pembangunan ekonomi.
4) Menambah keanekaragaman budaya.
4. Tantangan/hambatan (threats)
a) Lebih meningkatkan pengenalan kebudayaan lokal Indonesia kepada masyarakat terutama masyarakat di pedesaan.
b) Memajukan dan meningkatkan terus perkembangan zaman dan teknologi (globalisasi dan modernisasi) di Indonesia agar bangsa kita tidak tertinggal terus oLeh negara lain.
c) Mengoptimalkan peran dan wewenang pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam pengelolaan kekayaan budaya untuk memperkokoh ketahanan budaya bangsa.
d) Melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya lokal agar tetap eksis dan diakui oleh Negara lain.



BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. Kesimpulan
1) Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki kebudayaan lokal yang bervariasi. Budaya lokal tersebut harus dijaga agar dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa.
2) Kebudayaan local yang dimiliki Indonesia memiliki ciri dan identitas yang berfungsi sebagai pemerkaya dan pemersatu keragaman kebudayaan yang ada di Indonesia.
3) Pengelolaan kekayaan budaya sebetulnya merupakan cara kita untuk melindungi dan melestarikan agar dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa.
4) Dokumentasiaan merupakan cara utama dalam melestarikannya dalam perkokohan budaya bangsa.
2. Rekomendasi
a) Pertahanan budaya bangsa untuk tidak punah dan harus dikembangkan oleh masyarakat.
b) Berusaha menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan, keramah-tamahan dan solidaritas yang tinggi
c) Dalam ruang lingkup inilah maka perlu dilakukan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelktual) terhadap semua produk budaya yang ada dalam masyarakat yang bersifat unik dan mencerminkan ciri identitas bangsa Indonesia.
d) Peran serta pemerintah dalam menjaganya dan perkembangannya melalui penampilan budaya dari berbagai daerah
Referensi
www.google.com
http://hadirwong.blogspot.com/2009/12/upaya-mengembangkan-meningkatkan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2547231

Sabtu, 09 Oktober 2010

Lingkungan Perusahaan

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN
Tanggung jawab sosial menunjukan pertimbangan manajemen tentang pengaruh-pengaruh sosial di samping juga pengaruh ekonomi dengan keputusan-keputusannya.tanggung jawab sosial tersebut mencakup hal-hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek tanpa diskriminasi, dan pemeliharaan lingkungan fisik.
PENGERTIAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Lingkungan perusahaan dapat di artikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat. Faktor yang mempengaruhi perusahaan adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek-aspek ekonomi, politik, sosial, etika-hukum, dan ekologi/fisik dan sebagainya.
A) Perusahaaan dalam Masyarakat yang Pluralistik.
Masyarakat pluralistik adalah kombinsasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Perusahaan sangat bergantung terhadap masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada cara kegiataan serta pelayanan perusahaan tersebut. Dalam masyarakat pluralistik, terdapat pusat kekuatan, masing-masing mempunyai sifat mandiri, dapat menyebarkan kekuatan kelompok dan mencegah terjadinya pemusatan kekuatan pada satu segmen masyarakat.
B) Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Kesan Negatif tentang Perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, pembayaran-pembayaran yang tidak illegal, dan sebagainya. Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangannya ekonomi, moral, etik, dan politik saja tetapi juga menyangkut lingkungan fisik.
C) Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Perusahaan tidak menciptakanmasalah-masalah yang negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif. Kegiatan humas yang baik harus menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat.
LINGKUNGAN FISIK, ENERGI DAN KONSERVASI
Salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik. Contoh pencemaran udara, dampak dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lama, karena munculnya berbagai penyakit-penyakit yang diakibatkannya.
1) Ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Kualitas lingkungan kita semakin menurun. Hal ini terutama disebabkan oleh kombinasi dari tiga faktor:
1) Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2) Perkembangan teknologi baru
3) Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.
Tujuan ekologis memang sangat penting, tetapi persoalan riilnya menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan tersebut dengan tujuan sosial dan tujuan ekonomi lainnya.
2) Macam-macam Polusi
Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja. Masing-masing jenis polusi menjadi ancaman bagi lingkungan yang sehat, antara lain
a) Pencemaran udara
b) Pencemaran Air
c) Pencemaran Sampah Awet
3) Energi dan Konservasi
Sumber energy minyak bumi sudah lama digunakan disamping batu bara dan air. Kemudian muncul penggunaan gas alam, penggunaan sumber energi matahari, serta penggunaan tenaga nuklir. Unutk jangka panjang penghematan seperti ini juga akan berpengaruh pada kelestarian sumber-sumber yang ada
LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
A) Alasan-alasan bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah
Alasan pemerintah menaikan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat. Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi, pertambahan penduduk dan permintaan masyarakat, serta pengeluaran biaya untuk pertahanan negara. Pemerintah telah pula meningkatkan higina perorangan dan sanitasi lingkungan terutama di daerah pedesaan.
B) Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Tidak semua pajak yang di pungut pemerintah ditunjuk untuk meningkatkan penghasilan, terutama pajak-pajak yang dikenakan pada tempat-tempat perjudian, dan pajak impor untuk melindungi kegiatan usaha dalam negeri terhadap persaingan harga. Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah, antara lain:
1. Pajak Tidak Langsung
Besarnya pajak ini ditambahkan pada harga barang tersebut dinamakan pajak penjualan (PPn).macam pajak lain yang termasuk pajak tidak langsung adalah pajak penjualan impor, cukai, bea masuk, pajak ekspor dan sebagainya.
2. Pajak Langsung
Pajak kekayaan adalah termasuk pajak langsung karena pajak dikenakan atau dipungut pada pembayar pajak. Macam pajak lain yang dapat digolongkan sebagai pajak langsung adalah pajak pendapatan (PPd), pajak perseroan (PPs), dan pajak deviden.
Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari:
1) Penerimaan dalam negeri
2) Penerimaan pembangunan
Sedangakan seluruh pengeluaran pemerintah dapat di kelompokan ke dalam:
1) Pengeluaran rutin
2) Pengeluaran pembangunan
LINGKUNGAN HUKUM
Kebiasaan-kebiasaan, tradisi, peraturan-peraturan, konstitusi dan keputusan-keputusan suatu lembaga merupakan sumber dari sistem hukum yang berlaku.faktor hukum mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan. Hukum di Indonesia dapat dikelompokan:
1) Hukum Publik
Hukum yang mengatur masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum. Hukum publik antara lain: hukum tatanegara, hukum tatausaha dan hukum pidana.
2) Hukum Privat
Hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Hukum privat adalah hukum perdata, hukum dagang.
LINGKUNGAN PEMERINTAH
Hubungan antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi, yang ditunjukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat. Hubungan ini menimbulkan berbagai macam kelompok kegiatan usaha dan akan dipengaruh terhadap perubahan sumber-sumber yang harus digunakan.
A) Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah membantu perusahaan-perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen. Bantuan seperti ini disebut subsidi. Selain itu juga banyak bantuan pemerintah di berbagai bidang seperti:
1) Bantuan di Bidang Transportasi
2) Bantuan pada Perusahaan-perusahaan kecil
3) Bantuan Bidang Komunikasi
LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkungan intenasional merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perkonomian dunia. Keadaan perekonomian nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah internasional. Kekuatan negara-negara maju didukung oleh kegiatan dari perusahaan-perusahaan raksasa yang ada, yang mempunyai kegiatan sebagai perusahaan multinasional. Mereka membuat barang dan jasa untuk melayani konsumen di seluruh dunia.
A) Neraca Pembayaran Internasional
Neraca pembayaran menggambarkan transaksi-transaksi internasional, yaitu jumlah utang Negara X kepada Negara Y dan jumlah utang dari negara Y kepada negara X. Jika suatu negara mengekspor melebihi barang-barang melebihi impornya, menunjukan neraca perdagangan menguntungkan. Sebaliknya, jika impor lebih besar dari ekspornya neraca perdagangan tidak menguntungkan. Teori ekonomi tradisonal menitik beratkan pada suatu pendapat tentang keunggulan komparatif yang memungkinkan daerah-daerah produsen mentah, modal, keahlian dan sebagainya.
B) Perusahaan-perusahaan Multinasional (Multinational Corporation)
Perusahaan-perusahaan Multinasional kebanyakan berasal dari negara-negara eropa. Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa negara selain negaranya sendiri. Tujuannya untuk menampung kelebihan hasil produksinya di atas kebutuhan untuk konsumsi dalam negeri.
C) Kegiatan-kegiatan Multinational
Perusahaan-perusahaan Multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu negara saja, tetapi juga ke negara-negara lain. Perusahaan-perusahaan Multinasional beroperasi disuatu negara untuk mengembangkan pasarnya secara ekonomis dan berusaha memanfaatkan keadaan politik yang menguntungkan.
D) Ciri-ciri Perusahaan Multinasional
Perusahaan Multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara. Perusahaan Multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu.
E) Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional
a) Kebaikan Perusahaan Multinasional:
1) Menambah devisa negara melalui penanaman modal dalam bidang ekspor
2) Mengurangi kebutuhan devisa untuk impor di sektor industri
3) Menambah pendapatan negara berupa pajak-pajak dan royalty dari perusahaan-perusahaan tersebut.
4) Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan kerja baru
b) Keburukan Perusahaan Multinasional:
1) Makin banyak perusahaan yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara
2) Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara
3) Mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan memperbesar modal, motif ini akan timbulnya pertentangan kepentingan dalam kaitannya dengan membangun negara.
F) Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
Untuk menjual barang ke luar negeri atau mengimpor barang dari luar negeri diperlukan adanya lembaga perantara atau middlemen. Dibedakan kedalam empat golongan:
a) Export and Import Commission House
b) Merchant Exporters and Importers
c) Manufacturer’s Export Agents
d) Export and Import Brokers
G) Perkembangan Impor dan Ekspor Indonesia
Pada dasarnya barang-barang yang diekspor dapat di golongkan kedalam dua kelompok, yakni barang-barang selain migas dan migas (minyak dan gas bumi). Barang-barang yang termasuk bukan minyak:
1) Golongan barang utama, terdiri atas: kayu, karet, timah, kelapa sawit dan lain-lain.
2) Golongan barang lain, terdiri atas: kopra, bahan makanan, barang tambang dan lain-lain.
Impor yang dilakukan Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan, yakni:
1) Barang konsumsi: beras, tepung terigu, tekstil dan lain-lain
2) Bahan baku dan penolong: cengkeh, bahan kimia,bahan cat, pupuk, kertas dan lain-lain.
3) Barang modal: mesin-mesin,generator listrik, telekomunikasi dan sebagainya.
Selain itu Indonesia juga mengimpor minyak dan gas untuk konsumsi dalam negeri.

Minggu, 03 Oktober 2010

Pemanfaatan Komputer

Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Yang membedakan komputer dengan produk teknologi lainnya adalah kemampuannya untuk dapat di program guna melaksanakan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Manfaat komputer bagi kehidupan kita sangat banyak dan pengaruh komputer juga ada yang negatif dan positif. Manfaat komputer itu sekarang dapat diraskan oleh semua kalangan mulai dari instansi pendidikan sampai pemerintahan juga mengambil manfaat komputer. Setiap orang memiliki alasan yang berbeda bila mereka di tanya tentang apa fungsinya komputer, jawaban mereka antara lain :
1. Mempermudah pekerjaan.
2. Sebagai Alat komunikasi
3. Sebagai alat untuk hiburan
Sebagian besar orang akan menjawab 3 alasan diatas. Juga banyak orang tua yang di lahirkan pada zaman tempo dulu tidak mengerti sama sekali manfaat komputer, sehingga mereka tidak menganggap komputer itu penting dan hasilnya pada generasi penerusnyapun mereka tidak menekankan atau mendidik anak-anak mereka untuk dan harus mengerti bidang komputer.
Di dalam dunia komputer semua hal, semua bidang mata pelajaran, perkuliahan dan usaha ada di komputer, bahkan pendidikan dan ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah. Sekarang mari kita bahas apa fungsi dan manfaat komputer bagi kita :
1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.
2. Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita.
3. Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah.
4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus.
5. Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan.
6. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita.
7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system.
Tapi dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer, banyak sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain :
1. Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka, seperti belajar, bekerja dll.
2. Dengan mengakses situs2 yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.
3. Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah.
4. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Beberapa contoh diatas merupakan contoh pemanfaatan komputer di berbagai bidang. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut. Pengamatan terhadap dampak dari komputer dimasyarakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi disekitar masyarakat. Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya, dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang pekerjaan.