Jumat, 15 Oktober 2010

Peran Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

TUGAS MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR


PERAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL




PENYUSUN


NAMA: Rendra Dwi Permana
KELAS: 1 EB 17
NPM: 25210734




UNIVERSITAS GUNADARMA



Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Peran budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

Dateline makalah : 16 Oktober 2010
Tanggal penyerahan atau Upload makalah : 16 Oktober 2010

Pernyataan

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim/pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.


PENYUSUN
NPM NAMA LENGKAP TANDA TANGAN
25210734 Rendra Dwi Permana




PROGRAM SARJANA EKONOMI AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
(vi)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Peran Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional”.
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.






(vii)


DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………vii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………viii
BAB. 1. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang………………………………………………………………………1
2. Tujuan………………………………………………………………………………1
3. Sasaran……………………………………………………………………………..1
BAB. 2.PERMASALAHAN
1.Kekuatan Peranan Budaya Lokal……………………………………………………2
2.Kelemahan Peranan Budaya Lokal…………………………………………………2
3.Kesempatan Peranan Budaya Lokal……………………………………………….3
4.Ancaman Peranan Budaya Lokal…………………………………………………3
BAB.3.PENUTUP
1.Kesimpulan……………………………………………………………………4
2.Rekomendasi………………………………………… ……………………….4
(viii)

1. LATAR BELAKANG
Budaya lokal mempunyai peranan yang penting dalam memperkokoh ketahanan budaya bangsa namun kenyataannya sekarang semua itu hanya sebatas teori saja, di prakteknya sudah jarang terlihat peranan budaya lokal tersebut. Sebagian besar akibat pengaruh dari budaya asing dan arus modernisasi,globalisasi.Dengan demikian ciri, citra , dan karsa budaya indonesia sendiri mulai kehilangan budaya sendiri.Maka dari itu, dalam suatu daerah mempunyai corak yang berbeda-beda.
2. TUJUAN
Tujuan untuk mempelajari budaya daerah yaitu untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang budaya daerah yang dimiliki oleh suatu negara khususnya dinegara Indonesia ini yang dengan budaya daerah , kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan peran budaya daerah yang harus kita rawat dan kita jaga..
Dan adapun tujuan lain dalam memperkokoh suatu ketahanan budaya bangsa Indonesia bagi masyarakat yaitu untuk menambah rasa kecintaan budaya tanah nenek moyang kita terhadap negara Indonesia ini. Agar tercapainya suatu perjuangan kepentingan bangsanya dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika untuk memajukan dan meningkatkan rasa persatuan kesatuan dan Negara Indonesia, sehingga kita sebagai warga negara Indonesia bias lebih peduli dan menjadi lebih bangga apabila semua yang berhubungan dengan dilestarikannya budaya daerah ini bisa terwujud dengan lancar.
3. SASARAN
Dalam pembuatan makalah ini saya mengharapkan agar bangsa kita bisa lebih menyadar bahwa sangat pentingnya menjaga suatu kebudayaan bangsa. Karena suatu kebudayaan itu sangat berperan penting dalam memajukan suatu Negara. Sebagaiman yang kita ketahui seperti yang sekarang ini banyak kebudayaan Indonesia yang di curi oleh Negara lain,untuk itu kita sebagai warga Negara yang baik harus tetap menjaga dan memelihara kebudayaan Indonesia.
BAB II
PERMASALAHAN
Analisis permasalahan peran budaya daerah memperkokoh ketahanan budaya nasional dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
1. Kekuatan (strength)
1. Keanekaragaman budaya lokal yang ada di Indonesia
Tiap daerah memiliki ciri khas budayanya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun adat istiadat yang dianut. Semua itu dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional.

2. Kebudayaan Lokal menjadi sumber ketahanan budaya bangsa
Kesatuan budaya lokal yang dimiliki Indonesia merupakan budaya bangsa yang mewakili identitas negara Indonesia.

3. Kekhasan budaya
Kekhasan budaya merupakan salah satu asset/pendapatan yang cukup besar karena daya tarik keanekaragaman budaya. Ini membuktikan bahwa budaya bangsa memiliki cirri khas yang unik.
4. Kurang optimalnya peran serta Pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah dalam pengelolaan kekayaan budaya Indonesia
2. Kelemahan (weakness)
a) Keyakinan masyarakat Indonesia terutama masyarakat di pedesaan terhadap kebudayaan – kebudayaan kuno (warisan nenek moyang ), seperti : memberikan sesajen kepada tempat-tempat atau benda-benda yang dianggap mempunyai nilai lebih.
b) Keterlibatan aktif dan rasa memiliki yang besar dari masyarakat daerah terhadap budayanya sendiri yang sangat membantu untuk memajukan kebudayaan lokal.
c) Minimnya komunikasi budaya Kurangnya komunikasi tentang kebudayaan menghambat perkembangan budaya kita,kita harus promosikan ke Negara-negara lain bahwa indonesi itu kaya akan akan keaneka ragaman budaya,itu juga menjadi salah satu pendapatan Negara Mungkin itu semua keunikan dari kesenian wayang yang mungkin banyak wisatawan meminati dan merasa tertarik dengan budaya Indonesia tersebut.
d) Kurangnya Pembelajaran Budaya Pembelajaran tentang budaya, harus ditanamkan sejak dini. Namun sekarang ini banyak yang sudah tidak menganggap penting mempelajari budaya lokal. Padahal melalui pembelajaran budaya, kita dapat mengetahui pentingnya budaya lokal dalam membangun budaya bangsa serta bagaiman cara mengadaptasi budaya lokal di tengan perkembangan zaman.
3. Peluang (opportunity)
1) Adanya perkembangan seni dan sastra yang lebih maju.
2) Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan
3) Membuka kerja sama ekonomi dan investasi yang mempercepat pembangunan ekonomi.
4) Menambah keanekaragaman budaya.
4. Tantangan/hambatan (threats)
a) Lebih meningkatkan pengenalan kebudayaan lokal Indonesia kepada masyarakat terutama masyarakat di pedesaan.
b) Memajukan dan meningkatkan terus perkembangan zaman dan teknologi (globalisasi dan modernisasi) di Indonesia agar bangsa kita tidak tertinggal terus oLeh negara lain.
c) Mengoptimalkan peran dan wewenang pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam pengelolaan kekayaan budaya untuk memperkokoh ketahanan budaya bangsa.
d) Melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya lokal agar tetap eksis dan diakui oleh Negara lain.



BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. Kesimpulan
1) Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki kebudayaan lokal yang bervariasi. Budaya lokal tersebut harus dijaga agar dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa.
2) Kebudayaan local yang dimiliki Indonesia memiliki ciri dan identitas yang berfungsi sebagai pemerkaya dan pemersatu keragaman kebudayaan yang ada di Indonesia.
3) Pengelolaan kekayaan budaya sebetulnya merupakan cara kita untuk melindungi dan melestarikan agar dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa.
4) Dokumentasiaan merupakan cara utama dalam melestarikannya dalam perkokohan budaya bangsa.
2. Rekomendasi
a) Pertahanan budaya bangsa untuk tidak punah dan harus dikembangkan oleh masyarakat.
b) Berusaha menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan, keramah-tamahan dan solidaritas yang tinggi
c) Dalam ruang lingkup inilah maka perlu dilakukan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelktual) terhadap semua produk budaya yang ada dalam masyarakat yang bersifat unik dan mencerminkan ciri identitas bangsa Indonesia.
d) Peran serta pemerintah dalam menjaganya dan perkembangannya melalui penampilan budaya dari berbagai daerah
Referensi
www.google.com
http://hadirwong.blogspot.com/2009/12/upaya-mengembangkan-meningkatkan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2547231

Tidak ada komentar:

Posting Komentar